Bantu aku cari...

Translate

Minggu, 12 Juni 2016

Fenomena Mekarnya Bunga di Zalipie Sepanjang Tahun



Fenomena Mekarnya Bunga di Zalipie Sepanjang Tahun


Tak kenal musim, bunga-bunga ini terus mekar memperindah desa Zalipie,Polandia. Eitss ,jangan salah paham dulu ya teman-teman W’KreaTi’VV. Bunga yang dimaksud bukan bunga sebenarnya, melainkan lukisan bunga-bunga yang menjadi penghias di rumah-rumah penduduk Zalipie. Yuk kita intip sejarahnya...

Sumber gambar :
 
1.     Menghiasi Rumah
 
Lukisan bunga-bunga di Zalipie menhiasi rumah-rumah penduduknya. Di dinding-dinding luar rumah,maupun di dinding-dinding dalam.Setiap rumah dihiasi lukisan bunga yang berbeda-beda bentuk dan warnanya.

2.     Menutupi Noda Arang
 
Kira-kira,sudah lebih dari  1 abad,ibu-ibu di Zalipie menghiasi rumah mereka dengan lukisan bunga.Kenapa mereka membuat lukisan bunga di rumah mereka?

Dulu,rumah mereka terkena noda arang dari asap yang keluar dari tungku. Awalnya,mereka menutupi noda arang itu dengan cat putih dari kapur. Namun,noda arang itu tetap terlihat. Ibu-ibu di Zalipie lalu mencoba menutupinya lukisan bunga-bunga. Ternyata,noda ararang berhasil ditutupi dan rumah pun menjadi cantik. Nah,sejak saat itu dimulailah tradisi membuat lukisan bunga di dinding-dinding rumah.

3.     Kompetisi Melukis Bunga
 
Sekarang,penduduk Zalipie tidak lagi memasak dengan tungku berasap. Jadi,noda arang pun sudah tidak ada. Namun,tradisi melukis bunga terus berlanjut. Bahkan,sejak tahun 1948, setiap tahun diadakan kompetisi pelukis bunga terbaik. Nama kompetisinya Malowana Chata. Kompetisi itu diikuti perempuan maupun laki-laki. Peserta perempuan biasanya lebih banyak karena tradisi melukis bunga di Zalipie berawal dari ibu-ibu.

Saat ini, tidak hanya dinding-dinding rumah yang dihiasi lukisan bunga-bunga. Jembatan,kandang ayam,kandang anjing,sumur, dan bahkan tempat sampah pun dihiasi lukisan bunga. Pokoknya,Desa Zalipie penuh dengan lukisan bunga.


Disadur dari berbagai sumber.     


Baca juga : Cara Menggambar Wajah Anime Dari Depan


Ingin buat iklan murah dan berkualitas, sebar iklan dapat uang pula?? klik disini atau disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar sesuai tata tertib ya